Selasa, 07 Mei 2013

Memaknai Ujian


Bismillah...

Setiap kali Allah memberikan Ujian kepada hamba-Nya, maka (sebenarnya) selalu ada "maksud baik" yang mengiringi dan membersamai nya.. Boleh jadi, ujian itu adalah salah satu jalan Allah memintamu lebih dekat pada-Nya.. lewat sujudmu, lewat do'a-do'a yang engkau lebihkan dari biasanya, yang selalu engkau panjatkan, yang membuat kita lebih bergantung dan berharap hanya kepada-Nya..

Ujian itu tanda Allah sayang pada kita, agar kita senantiasa memaknai rasa syukur pada Rabb kita (Allah subhanawata'ala).. atau, Allah sedang ingin kita melebihkan kesabaran karena Ia ingin memuliakan kita lewat ujian yang sedang kita hadapi, dan memberikan pahala tanpa batas seperti pada firmanNya..

" Orang-orang yang berbuat baik di dunia ini memperoleh kebaikan. Dan bumi Allah itu adalah luas. Sesungguhnya hanya orang-orang yang bersabarlah yang dicukupkan pahala mereka tanpa batas.    (Az Zumar: 10)".

atau mungkin, ketika seseorang diberikan ujian berkali-kali, maka bermuasabahlah, bisa jadi karena kita belum belajar dari ujian sebelumnya, dan Allah sedang ingin kita memaksimalkan ikhtiar kita dari biasanya.. dan sekedar mengingatkan kita, bahwa Dia mampu memberi jalan keluar atas semua ujian yang menimpa kita, memberikan ujian itu sesuai kadar kemampuan kita..

atau mungkin kita sedang hilang arah dan Allah ingin engkau kembali pada-Nya.. merangkulmu lewat ujian yang menimpamu.. menguji prasangka kita agar tetap berhusnudzon pada-Nya..

Maka, jangan pernah sedikitpun salah mengerti maksud baik Allah.. pahamilah maksud Allah lewat ujian tersebut agar ujian yang menimpa kita tidak semakin membuat dada ini sesak, kepala ini nyut-nyutan. hati ini gelisah dan gersang.. mengering lalu mati. naudzubillah..

semoga menjadi tadzkiroh bagi kita semua. khususnya saya.. >_<

2 komentar:

  1. teringat akan syair sebuah nasyid :

    "Ujian adalah....
    tarbiyah dari Alloh...
    Apakah kita akan sabar...
    ataupun sebaliknya..........

    BalasHapus
  2. beruntunglah orang2 yang mendapatkan ujian dari Nya.
    semoga kita bisa menjawab dari tiap soalnya dan lulus dengan nilai yang sempurna.
    aamiin.

    :)

    BalasHapus