Senin, 18 Maret 2013

(Katanya) Kontemplasi..


"Tidak akan beranjak kedua kaki seorang hamba pada hari kiamat hingga ia ditanya tentang umurnya untuk apa ia habiskan, tentang ilmunya, apa yang telah diamalkan, tentang hartanya darimana ia peroleh dan kemana ia habiskan, tentang tubuhnya –capek dan letihnya- untuk apa ia gunakan."
(HR. Ar Tirmidzi)

Pernah mendengar hadist ini?
ah rasanya sudah tidak asing..
ya memang tak asing..
ya ALLAH..
tapi rasanya ingin menangis membaca hadist tersebut..
ya tentunya pun tidak hanya sekedar membaca begitu saja..

saya menyengaja mem-bold hadist tersebut..
disana akan kita temukan kata..
"tentang umurnya untuk apa ia habiskan, tentang ilmunya apa yang telah ia amalkan, tentang hartanya darimana ia peroleh dan kemana ia habiskan, tentang tubuhnya untuk apa ia pergunakan??"

dan tentang 23 tahun yang telah terlewati..
23 tahun yang banyak saya habiskan di dunia ini..
berbekas apa kah umur yang telah saya habiskan ini???

tentang ilmu yang selama 23 tahun ini saya peroleeh.. telah berujung kemanakah?

tentang harta yang selama 23 tahun ini saya dapat? darimanakah? dan kemana pula harta itu saya habiskan?

tentang tubuh yang selama 23 tahun ini saya pakai.. untuk apakah saya menggunakan titipan ini. tangan ini di gunakan untuk mengambil dan memegang apa? mata ini di gunakan untuk melihat apa? mulut ini di gunakan untuk berkata apa? kaki ini di gunakan untuk melangkah menuju kemana? kuping ini di gunakan untuk mendengarkan apa??

Astaghfirullaah...

gimana ga nangis baca dan memahami hadist tersebut.. tentang diri ini begitu tahu dan mengenal. untuk dan darimana semua ini ia lakukan selama 23 tahun terakhir?
terlampau lebih pada kebaikan atau keburukan..

Astaghfirullah.....
ya ALLAH, tetap bimbing diri ini.
agar di sisa umur berikutnya menjadi sisa umur yang bermanfaat, beratsar baik bagi sesama dan tentunya Engkau memberkahii.. :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar